0

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Kamis, 11 November 2010
Share this Article on :
Tidak bisa dipungkiri, keberadaan komputer saat ini bukan lagi merupakan barang mewah, Alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan, termasuk dalam dunia pendidikan.

Pengenalan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) diharapkan dapat membuat perubahan pesat daam kehidupang yang mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan beragam produk TIK.

Melalui Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kita bisa mencari, mengeksplorasi, Menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. TIK akan memudahkan kita, Mendapatkan ide dengan cepat dan bertukar pengalaman dari berbagai kalangan.

Dengan demikian, diharapkan dapat mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga kita dapa memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan TIK secara tepat dan optimal, termasuk implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.

Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi,meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentrasfer data dari perangkat yang satu ke lainnya

Oleh karena itu Teknologi Informasi dna Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan permrosesan, manipula pengelolaan dan transfer/ pemindahan informasi antar media.

Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi informasi dan komunikasi adalah:

1. menyadarkan kita akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari teknologi ini sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
2.memotivasi kemmapuan kita agar bisa beradaptasi dan mengatisipasi perkembangan TIK,sehingga bisa melaksanakan dan mejalani aktifitas kehidupang sehari hari secara mandiri dan lebih percaya diri.
3mengembangkan kompetensi kita dalam menggunakn teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja dan berbagi aktifitas dalam kehidupan sehari hari
4.mengembangkn kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal menarik dan mendorang kita lebih terampil dalam berkomunikasi terampil mengorganisasi informasi dan terbiasa bekerjasama.
5.mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif kreatif dan bertanggung jawab dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran bekerja dan pemecahan masalah sehari hari

saat ini depdiknas program pengembangan teknologi informasi dan komunikasi secara besar. besaran ada tiga posis penting depdiknas dalam progra pengembangan TIK yaitu:

1. bidang kejujuran TIK menjadi salah satu jurusan di SMK. Pengembangan TIK secara teknis baik hardware dan sofware masuk dalam kurikum pendidikan. dibentuknya ICT center di seluruh indonesia. untuk menghubungkan sekolah sekolah di sekitar ICT center dibangun WAN (Wireless Area Network) kota.

2. pustekkom sebagai salah satu ujung tombak dalam pengembangan TV pendidikan interaktif, E learning SMA. program ini bertujuan untuk mempersempit jurang perbedaan kualits pendidikan antara kota besar dengan daerah.

3 jardiknas (jeraring pendidikan nasional) bertujuan untuk mengintergrasikan kedua program di atas agar terbentuk sebuah jaringan yang menghubungkan semua sekolah di indonesia. sehinggal diperkirakan di asa depan semua sekolah di indonesxia akan terkoneksi dengan internet melihat program yang di adakan oleh dephkinas kita bisa memanfaatkan fasilitas tersebut karena bersifat terbuka


Artikel Terkait:

0 komentar :