0

SOFWARE AND BRAIMWARE

Kamis, 20 Agustus 2009
Share this Article on :
SOFWARE(PERANGKAT LUNAK)
Didalam menggunakan komputer, unsur yang di perlukan tidak hanya peralatan fisiknya saja (HADWARE) namun juga peralatan lain yang berguna untuk mengatur kerja komputer, yaitu perangkat lunak (SOFWARE). yaitu perangkat yang berupa program, wujudnya tidak dapat di lihat ataupun di raba, misalnya WINDOWS XP, MICROSOF WORD, COREL DRAW, DLL.
penggolongan SOFWARE antara lain:

sistem operasi atau operasi sistem
SOFWARE yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikas atau sebagai penghubung antara yusur dengan komputer tanpa sistem operasi maka komputer tidak dapat di fungsikan sama sekali. contoh: WINDOWS UNIX LINUX DAN LAIN-LAIN

PROGRAM UTILITY:
Berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan atau kelemahan dari sistem operasi, misalnya: PC TOOLS dapat melakukan perintah vormat sebagai mana DOS, tapi PCTOOLS mampu memberikan keterangan dan animasi yang bagus dalam proses permformatan. FILE yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi jangan program bantu hal ini dapat dilakukan.
contoh: NORTON, UTILITY, SCANDISK, PCTOOLS.


PROGRAM APLIKASI:
Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departement yang lain. biasanya program APLIKASI ini dibuat oleh seorang programer komputer sesuai dengan permintaan / kebutuhan seseorang/garis miring lembaga / perusahaan guna kepeluan internetnya.
contoh: MYOB, PAYROLL, DLL

PROGRAM PAKET:
Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. seperti MS WORD (MICROSOF WOLD), dapat digunakan oleh departement keuangan untuk membuat nota, atau bagian atministrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
contoh: MS WORD (MICROSOF WORD), MS EXCEL (MICROSOF EXCEL), LOTUS 125 DAN LAIN-LAIN

BAHASA PEMPROGRAMAN:
Merupakan sofware yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi program paket dan lain-lain.
contoh: VISUL BASIC, PASCAL, FORTRAN, CLIPPER, dBASE, DLL

BRAIMWARE(PENGELOLAH SISTEM):
merupakan orang yang merancang sistem, membuat/mengembangkan program misalnya kita yang menjalankan komputer atau menggunakanya untuk kepentingan masing-masing.

SISTEM KERJA KOMPUTER:
dari devinisi komputer yang ada terdapat istilah penting, yaitu, INPUT pengolahan data, dan informasi (OUTPUT). pengolahan dalam menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data electroniK/electronic data prosesing(EDP). data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan(FAKTA), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya.

INPUT,PROSES,OUTPUT:

didalam penggunaan komputer, sebagai USER akan memberikan instrusksi kepada komputer untuk melakukan atau untuk mengolah data-data untuk diperoses yang akhirnya akan menghasilkan informasi yang dibutuhkan. misalnya: USER akan memberikan suatu instrusksi dalam (INPUT) melalui MOUSE yang akan diperoses(process), di CPU, setelah di proses maka akan ditampilkan dalam (OUTPUT) dimonitor untuk itu kita akan mempelajari alat yang dapat digunakan sebagai pemberi instrusksi atau alat masukan ke komputer atau yang disebut (INPUT DEVICE), alat proses dan alat keuangan (OUPUT DEVICE)


Artikel Terkait:

0 komentar :